home

Monday, May 18, 2020

Seiko Electronic EL-370 3702-7000 (Sold)


Seiko El-(370) adalah versi International yang dipasarkan terlebih dahulu di Amerika Serikat sekitar tahun 1969 sedangkan Seiko Elnix (khusus untuk pasar Japan) baru dipasarkan di Japan sekitar tahun 1973 namun demikian teknologi electro magnetic balance yang merupakan gabungan (hybrid) antara mesin mekanis dan elektronik pada seiko El dan Elnix tergolong terlambat dipasarkan dibandingkan rival satu negara  merk Citizen yang terlebih dahulu mengeluarkan seri Citizen Cosmotron pada tahun 1966. 

Seiko Elnix mempunyai aging dial yang cantik berwarna cream yang hampir merata, terlihat seperti warna kertas lama yang sudah menguning, hands dan index marker dibuat hitam sehingga terlihat kontras.



Dipadukan dengan mesh bracelet yang serasi dengan model jam tangan ini. 
Produksi April 1971.


Catatan servis/penggantian baterai.
Menggunakan hybrid movement Seiko cal. 3702A dengan 16 jewels dan bekerja pada frekuesi low-beat 18.000 bph, quick set date, menggunakan baterai tipe SR44SW (Silver Oxide) namun karena sulit diperoleh di Indonesia, digunakan baterai tipe LR44 (Alkaline) dengan dimensi yang sama. Silver Oxide relatif mempunyai voltage yang lebih stabil sedangkan Alkaline mempunyai voltage yang cenderung akan menurun seiring pemakaian.  Pergerakan Balance Spring dikendalikan secara elektronik.
Dimensi 38 mm. tanpa crown 43 mm. lug to lug, lebar lug 18 mm.


SOLD




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...