Sabtu, 07 Oktober 2017

Seiko Gyro Marvel J14054 (Sold)


Kapan Seiko pertama kali menggunakan automatic movement yang dikembangkan oleh seiko sendiri? jawabannya ada pada model Seiko Gyro Marvel yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 1959 dengan menggunakan cal. 290 yang diproduksi oleh Suwa Factory, pada saat itu diciptakan mekanisme magic lever yang secara efisien dapat mengisi power reserve dari pergerakan rotor secara 2 arah. dalam grade movement seiko, cal. 290 tergolong high end movement, sebelumnya sekitar tahun 1955 seiko pernah memproduksi automatic movement cal. 11A namun mengambil basis dari Adolf Shcild  (AS) 1382 asal Swiss.
Seiko Gyro Marvel ini terlihat sangat klasik dengan sword hands, dial berwarna putih yang berubah menjadi seperti warna kertas lama yang sudah mulai kotor dan menguning, masih tergolong wajar untuk jam tangan yang telah berusia 57 tahun, sudah sangat tua namun masih berdetak sampai sekarang. 
dari seri seiko Marvel line (Marvel, Lord Marvel dan Gyro Marvel), seri Gyro Marvel ini tergolong sangat pendek masa produksinya karena sekitar akhir tahun 1960 digantikan oleh seri Seikomatic, dengan demikian keberadaan Gyro Marvel tergolong lebih jarang beredar. 
dial sudah sangat aging yang tidak merata namun semua marker dan tulisan masih sangat jelas terbaca. 




produksi Mei 1960.

kode GM adalah singkatan untuk Gyro Marvel dengan no. Referensi J14054.

saat itu penamaan kode movement 4 digit dan kode model casing 4 digit pada caseback belum dimulai.


Menggunakan automatic movement Seikosha Gyro Marvel cal. 290 dengan 17 jewels dan bekerja pada frekuensi low beat 18.000 bph, dapat diputar manual untuk mengisi power reserve, tergolong masih sangat bersih.
diameter 35mm tanpa crown, lug to lug 40.5mm, lebar lug 18mm.
jam Seiko Gyro-Marvel yang cocok untuk disimpan di Museum Seiko
dipadukan dengan strap aftermarket
SOLD untuk jam tangan yang pantas masuk museum Seiko. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...