home

Thursday, October 1, 2020

Casio Casiotron 01-501 (Sold)

Pernah membayangkan harga perdana saat Casiotron ini dipasarkan pertama kali di Japan pada tahun 1974? "hanya" 55.000 Yen coba dibandingkan dengan Seiko Chronograph  Speedtimer cal. 6139 versi JDM yang hanya dibandrol pada saat itu sebesar 16.000 Yen, atau Seiko Elnix yang sama-sama elektronik namun analog bukan digital dibandrol hanya 15.000 Yen, jadi sekitar 3,6 kali lipat mahalnya dibandingkan Seiko Elnix.
Casio Casiotron ini tergolong vintage digital watches yang pertama kali diperkenalkan ke publik pada bulan November 1974 dan dianggap sebagai jam elektronik pertama dari Casio, sekitar 4 tahun kemudian pada bulan September 1978 baru diperkenalkan jam elektronik dengan Liquid Crystal, merupakan awal dari revolusi jam digital Casio yang sangat legendaris sampai sekarang.
Penampilan yang sederhana hanya terdapat petunjuk waktu dan petunjuk tanggal, hari dan bulan, dial biru bulat dengan LCD kotak.
Tidak seperti Casio jaman sekarang yang umumnya menggunakan sejenis plastik keras, pada waktu itu masih menggunakan material stainless steel yang lebih tahan lama (bahkan lifetime), sehingga sampai sekarang masih cukup bagus.

Casiotron ini hanya berfungsi sebagai petunjuk waktu dan tanggal saja tidak ada fungsi lain, pada contoh foto di samping ini menunjukan jam dan menit sedangkan petunjuk detik dapat dilihat pada display seperti anak panah (pada display angka ke 40) yang akan berkedip selama 10 detik pada setiap angka dari 0-50 di bawah petunjuk hari, setiap tanda panah (hitam) telah berkedip selama 10 kali (detik) maka tanda panah akan bergeser ke kanan dan akan berkedip selama 10 detik untuk selanjutnya bergerak ke angka berikutnya demikian seterusnya sampai angka 50 yang akan langsung pindah ke angka 0 kembali setelah berkedip selama 10 detik.
Tombol pusher untuk berpindah sebentar dari jam ke tanggal dan untuk stop pada saat setting jam maupun tanggal.
Tombol reset pada posisi jam 10 untuk setting jam dan tanggal sedangkan tombol pada posisi jam 8 untuk adjust akurasi (kecepatan atau kelambatan sampai dengan 30 detik akan diadjust ke 0).
Original mesh bracelet dengan buckle bertuliskan Casio.

Mesin elektronik yang masih dapat diandalkan sampai sekarang, menggunakan modul 01, berbeda dengan kebanyakan jam digital sekarang dengan banyak fungsi, casiotron ini hanya berfungsi untuk melihat jam dan tanggal (bulan, tanggal dan hari) bahkan lampu saja tidak ada, masih sangat sederhana, jangan berharap ada fungsi chrono, alarm, atau world time cukup jam dan tanggal saja, baterai yang digunakan tipe 301 atau LR43 untuk baterai yang tersedia di Indonesia. Mesin ini sangat iconic sebagai tonggak jam tangan digital produksi Casio.
Dimensi 39,5 mm. tanpa crown, lug to lug43 mm., lebar lug 19 mm.

SOLD

 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...