home

Thursday, March 12, 2020

Seiko Bell-Matic 27 Jewels 4005-7000 (Sold)


Seiko Bell-Matic mekanis  ini sudah semakin jarang keberadaannya bahkan mungkin tidak akan pernah dibuat lagi oleh Seiko, mengingat kalau diproduksi baru akan menjadi sangat mahal harga jualnya, apresiasi terhadap seiko bell-matic masih tergolong rendah bila dibandingkan model seiko diver vintage yang saat ini dihargai jauh lebih tinggi bahkan cenderung overprice padahal pada saat baru harga Seiko Bell-Matic lebih mahal dibandingkan Seiko Diver, namun demikian perlahan namun pasti Seiko Bell-Matic mulai diburu kolektor jam vintage sehingga harganya juga mulai merangkak naik.
Diperkenalkan pertama kali pada awal tahun 1966 untuk model 4006-7000 dengan 27 jewels yang hanya dipasarkan di pasar domestik Japan saja kemudian pada tahun 1968 diperkenalkan tipe 4005-7000 dengan 27 jewels namun berbeda dengan tipe 4006 yang mempunyai fungsi  tanggal dan hari, untuk tipe 4005 hanya terdapat fungsi tanggal saja. 
Awalnya hanya diproduksi movement 4005/4006 dengan 27 jewels saja kemudian dalam kurun waktu yang pendek diturunkan menjadi 21 jewels khusus untuk tipe 4006 saja sedangkan tipe 4005 tetap 27 jewels dan kemudian diturunkan lagi jumlah jewels menjadi hanya 17 jewels saja, hal ini dilakukan untuk dapat menembus pasar International terutama Amerika Serikat karena pada saat itu semakin banyak jumlah jewels akan semakin tinggi pula pajak yang dikenakan.
Seiko Bell-Matic ini terlihat elegan dengan hands kombinasi hitam dan gold di atas dial putih/cream, begitu pula dengan casing yang juga berlapis gold.

Lapisan gold pada pusher terlihat sudah aus.

Aftermarket buckle bertuliskan Seiko,
Produksi September 1968.
Menggunakan automatic movement Seiko cal. 4005A dengan 27 jewels dan bekerja pada frekuensi 19.800 bph, power reserve 42 jam, quick set date dengan menekan tombol pada jam 2, untuk mengisi power alarm dengan memutar crown dalam posisi tombol pada jam 2 ditekan kedalam.
Untuk mengisi power alarm dengan memutar crown dalam posisi tombol pada jam 2 ditekan kedalam. untuk mengisi power alarm dengan memutar crown dalam posisi tombol pada jam 2 ditekan kedalam, untuk standby alarm tombol pada posisi jam 2 ditarik keluar untuk mematikan alarm dengan menekan tombol pada posisi jam 2 sedangkan untuk menentukan waktu alarm berdering dengan menarik crown 1 kali dan memutar inner bezel berlawanan arah jarum jam. 

Dipadukan dengan leather strap aftermarket, terlihat cukup serasi.
SOLD

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...