home

Sunday, June 23, 2019

Citizen Cosmotron 7800-870026 TA (Sold)


Pada tahun 1966 Citizen untuk pertama kalinya memperkenalkan Citizen Electric yang mengganti main spring pada jam mekanik dengan transistor untuk menggerakan balance wheel, dapat dikatakan inilah mesin hybrid pertama dari Citizen yang menggabungkan teknologi mekanis dengan elektronik, pada perkembangan selanjutnya teknologi ini memungkinkan pergerakan jarum detik terlihat cukup halus tidak seperti pergerakan jarum detik mesin quartz biasa, awalnya pada seri X8 yang menggunakan movement cal. 0801 pergerakan jarum detik sebesar 18.000 bph sehingga menyerupai pergerakan mesin mekanis low beat, kemudian secara bertahap beat rate ditingkatkan menjadi 21.600 bph dan 36.000 bph atau 10 beat per second (bps) pada tahun 1972 dengan menggunakan movement seri 78XX. 
Selanjutnya dikembangkan seri IC-12 yang mempunyai beat rate 12 bps atau 43.200 bph. Namun demikian walaupun beat  rate terlihat tinggi namun pergerakan jarum detik tidak sehalus mesin mekanis hi-beat. Model terakhir dari Cosmotron adalah tipe GX yang menggunakan movement Turning Fork 3701B.

Akurasi seperti layaknya jam mekanis, sehingga semakin lama simpangan akurasi semakin besar karena jam hidup terus selama daya baterai belum habis.  
Citizen Cosmotron ini mempunyai dial sunburst abu-abu yang cantik. model monocoque ini terlihat lebih berkelas dibandingkan Citizen Cosmotron yang dapat dibuka casebacknya, jam ini hanya dapat dibuka untuk penggantian baterai saja dengan menggunakan coin seperti umumnya model Swatch.

Original crown dengan logo "CTZ"
Tombol untuk reset jarum detik ke angka 12. 
original solid stainless steel  bracelet dengan buckle berlogo khas cosmotron, panajang rantai untuk lingkar pergelangan tangan maksimum 17cm.
Poduksi April 1972.

Menggunakan Electro Magnetic Balance cal. 7800 dan  bekerja pada frekuensi hi-beat 36.000 bph, menggunakan baterai tipe SR44SW (Silver Oxide) namun karena sulit diperoleh di Indonesia, digunakan baterai tipe LR44 (Alkaline) dengan dimensi yang sama. Silver Oxide relatif mempunyai voltage yang lebih stabil sedangkan Alkaline mempunyai voltage yang cenderung akan menurun seiring pemakaian.


Dimensi 37mm. tanpa crown x 41,5mm. lug to lug. 

SOLD


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...