Rabu, 04 April 2018

Seiko Bell-Matic 4006-6011 (Sold)


Seiko Bell-Matic mekanis  ini sudah semakin jarang keberadaannya bahkan mungkin tidak akan pernah dibuat lagi oleh Seiko, mengingat kalau diproduksi baru akan menjadi sangat mahal harga jualnya, apresiasi terhadap seiko bell-matic masih tergolong rendah tidak seperti model seiko diver vintage yang saat ini dihargai jauh lebih tinggi bahkan cenderung overprice, namun demikian perlahan namun pasti Seiko Bell-Matic mulai diburu kolektor jam vintage sehingga harganya juga mulai merangkak naik.
pada zamannya, saat kondisi baru Seiko Bell-Matic dijual lebih mahal (USD 105-125) dibandingan Seiko Diver model 6105 (USD 95) yang saat ini sangat populer dan justru dihargai lebih mahal dibandingkan bellmatic bahkan bisa lebih mahal 7-8 kali lipat dibandingkan Seiko Bell-Matic, disparitas harga ini cenderung mulai menurun dibandingkan 3-4 tahun lalu yang bisa 10 kali lipat perbedaan harganya
Seiko Bellmatic 4006-6011 tergolong model yang paling populer dan banyak beredar dibandingkan seiko bellmatic model lainnya, satin dial yang cantik dan masih sangat mulus dengan warna silver kecoklatan, rotating inner bezel berupa petunjuk waktu alarm berwarna orange sebagai aksen yang kontras.




produksi April 1974.

movement yang digunakan pada jam Seiko Bell-Matic mempunyai tingkat akurasi grade C atau menengah, berdasarkan specs. pada rentang antara -15 s/d. +25 detik per hari, bandingkan dengan movement 6309 yang termasuk grade E dengan tingkat akurasi pada rentang antara -35 s/d. +45 detik per hari, seperti diketahui movement 6309 ini banyak digunakan seiko diver vintage seri turtle yang juga sangat populer dan harganya kini juga sekitar 2 kali lebih tinggi dari seiko Bell-Matic.
Menggunakan automatic movement Seiko cal. 4006A, 17 jewels dan bekerja pada frekuensi 19.800 bph, power reserve 42 jam, quick set date dengan menekan tombol pada jam 2, untuk setting hari dengan memutar jarum bolak balik antara jam 01.00-22.30, untuk mengisi power alarm dengan memutar crown dalam posisi tombol pada jam 2 ditekan kedalam.

untuk mengisi power alarm dengan memutar crown dalam posisi tombol pada jam 2 ditekan kedalam, untuk standby alarm tombol pada posisi jam 2 ditarik keluar untuk mematikan alarm dengan menekan tombol pada posisi jam 2 sedangkan untuk menentukan waktu alarm berdering dengan menarik crown 1 kali dan memutar inner bezel berlawanan arah jarum jam. 
diameter 37mm tanpa crown, lug to lug 43mm, lebar lug 19mm.

SOLD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...