Senin, 19 Februari 2018

Seiko Elnix 0703-6020 (Sold)


Seiko Elnix adalah versi Japan Domestic Market (JDM) dari Seiko El-(370) untuk versi International yang dipasarkan terlebih dahulu di Amerika Serikat sekitar tahun 1969 sedangkan model Elnix baru dipasarkan di Japan sekitar tahun 1973 namun demikian teknologi electro magnetic balance yang merupakan gabungan (hybrid) antara mesin mekanis dan elektronik pada seiko El dan Elnix tergolong terlambat dipasarkan dibandingkan rival satu negara  merk Citizen yang terlebih dahulu mengeluarkan seri Citizen Cosmotron pada tahun 1966.
Seiko Elnix ini mempunyai dial bergradasi biru yang atraktif, penggunaan prismatic glass yang sangat tebal terlihat serasi dengan model dan warna dial, teknologi hybrid ini pada prinsipnya adalah mengganti main spring dengan transistor yang digerakan oleh tenaga baterai sehingga pecinta jam mekanis tidak perlu khawatir lagi akan keterbatasan power reserve yang hanya dapat betahan hidup +/- 35-40 jam, apabila tidak dipakai atau diputar manual, rasa jam mekanis masih terasa pada pergerakan jarum detik yang cukup halus tidak patah-patah seperti jam tangan quartz dengan tingkat akurasi layaknya jam mekanis biasa.
casing dan prismatic glass unpolished, terlihat gores-gores karena pemakaian  normal, masih tergolong cukup baik untuk jam tangan yang telah berusia mendekati 45 tahun. 


prismatic glass yang tergolong tebal. 
original solid stainless steel bracelet untuk lingkar pergelangan tangan maksimal 17cm.
produksi Agustus 1973.
Menggunakan hybrid movement Seiko cal. 0703A dengan 16 jewels dan bekerja pada frekuesi hi-beat 28.800 bph, quick set day date, hari dalam 2 bahasa Inggris dan Kanji, Japan. menggunakan baterai tipe SR43SW (Silver Oxide) namun karena sulit diperoleh di Indonesia, digunakan baterai tipe LR43 (Alkaline) dengan dimensi yang sama. Silver Oxide relatif mempunyai voltage yang lebih stabil sedangkan Alkaline mempunyai voltage yang cenderung akan menurun seiring pemakaian. 
dimensi 37mm tanpa crown, lug to lug 39.5mm 
bracelet model integrated line, antara casing dan bracelet terlihat seolah-olah menyatu. 
SOLD


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...