Selasa, 27 Februari 2018

Seiko Cronos J14021 (Sold)


Seiko Cronos diperkenalkan ke publik domestik Japan sekitar tahun 1958 dengan menggunakan movement dari Daini Seikosha dan merupakan model center second pertama dari Seiko Daini Seikosha, baru pada tahun 1961 diperkenalkan versi Cronos Self Dater, movement dari Daini Seikosha tergolong lebih tipis dengan performa lebih baik dibandingkan Seiko  Marvel yang menggunakan movement dari Suwa Seikosha walaupun posisi Seiko Marvel dianggap  lebih tinggi dibandingkan Seiko Cronos, keduanya merupakan model utama dresswatch seiko pada tahun 1950an, tergolong model high end pada zamannya, Seiko Cronos sendiri merupakan cikal bakal dari King Seiko (Seiko KS).
Seiko Cronos ini seperti umumnya produk high-end Seiko tampil sederhana dengan dial cream serta hands dan index marker model lurus dan tipis saja, casing 14 karat gold filled yang terlihat masih cukup baik karena lapisan gold filled jauh lebih tebal daripada gold plated.
dial pada beberapa spot terlihat kotor tergolong masih cukup  wajar untuk usia jam mendekati 59 tahun !.




ada beberapa bagian caseback yang terlihat sudah aus. 
produksi Januari 1959.

kode C adalah singkatan untuk Cronos.
pada waktu itu belum ada penamaan cal. mesin seiko seperti saat ini, berdasarkan referensi yang ada movement manual winding ini kemungkinan tergolong cal. 54.
diameter 35mm tanpa crown, lug to lug 43mm, lebar lug 18mm. 
dipadukan dengan strap aftermarket, terlihat cukup  serasi. 

SOLD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...