home

Saturday, December 10, 2016

Yema Quartz Chronograph (Sold)


Jam dengan merk Yema mempunyai sejarah yang panjang, didirikan pada tahun 1948 di perancis kemudian diambil alih oleh Hattori-Seiko Group  pada tahun 1988, dan menjadi subsdiary Seiko pada tahun 1995 dengan nama Yema S.A., pada tahun yang sama  Louis-Eric Beckensteiner bergabung dengan Yema sebagai General Director, dan pada tahun 2001 berhasil mengembalikan Yema ke asalnya, Perancis, membuat Yema kembali lepas dari tangan Seiko.
Jam tangan Yema ini terlihat sangat menarik dengan warna dasar dial putih bertexture dan dikombinasikan dengan warna biru yang menawan pada bagian  roman index marker dan subudial, kombinasi warna terlihat makin cantik dan elegan setelah dipadukan dengan warna gold pada hands dan casing. 
Fungsi Chronograph sangat lengkap selain fungsi tachymeter dan fungsi seperti umumnya chronograph dengan tombol start/stop pada pusher pada jam 2 dan pusher pada jam 4 untuk reset terdapat pusher pada jam 10 yang berguna untuk split second dimana apabila difungsikan  maka pada saat ditekan untuk stop maka jarum detik terlihat berhenti namun pada saat ditekan sekali lagi  jarum tersebut akan melompat beberapa detik tergantung pada  berapa lama jarum detik dihentikan, berguna untuk mengukur lebih dari 1 obyek ukur.
Terdapat 3 subdial, sebelah kiri untuk mengukur sampai 30 menit, sebelah kanan seharusnya untuk mengukur chronograph dalam interval 1/10 detik dimana jarum akan bergerak sangat cepat dan akan berhenti sendiri setelah mencapai 10 menit (fungsi ini sudah tidak dapat bergerak) sedangkan subdial bawah menunjukkan detik yang akan berjalan terus baik pada saat  fungsi chrono dimatikan atau dihidupkan, penempatan hari dan tanggal cukup unik yaitu pada subdial 1/0 detik, hari dalam 2 bahasa Inggris dan Perancis, bezel dapat diputar 1 arah dengan klik.

bagian casing yang bergerigi yang terlihat klasik dan cantik. terdapat pusher pada posisi jam 2 untuk start/stop chronograph dan pusher pada posisi jam 4 untuk reset.
pusher jam 10 untuk split second dan crown pada posisi jam 8 yang dihiasi dengan sejenis batuan berwarna biru sebagai aksen kecil dan sederhana namun cantik.
menggunakan quartz movement Shimauchi Ltd. cal. V906 yang mengambil basis dari quartz chronograph Seiko cal. 7A38 yang sangat legendaris, tidak heran karena sejak tahun 1988 Yema telah diambil alih oleh Seiko group bahkan sebenarnya sudah ada hubungan antara Seiko dengan Yema sebelumnya karena untuk beberapa model,  movement yang digunakan dipasok dari Seiko.
movement quartz chronograph cal. V906 ini sama persis dengan movement Seiko cal. 7A28/7A38 yang legendaris karena merupakan movement quartz analog Seiko yang pertama di dunia, diperkenalkan pertama kali pada tahun 1983, mempunyai 15 jewels (fully jeweled) dan sama sekali tidak ada parts material dari plastik sehingga mesin ini dapat bertahan baik sampai sekarang, tingkat akurasi antara -20 s/d +20 detik per bulan, menggunakan baterai UCC 394 atau Maxell SR936SW yang dapat bertahan hidup sampai 2 tahun (pada foto digunakan baterai SR920SW).
diameter 39mm tanpa crown, lug to lug 46mm, lebar lug 18mm.

dipadukan dengan strap aftermarket dengan warna biru yang sama dengan aksen warna biru pada dial, terlihat sangat serasi.

dijual dengan original box dan buku garansi Yema (sudah kadaluarsa), (Sold, Thanks)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...