Rabu, 16 November 2016

Swatch Sistem51 (Sold)

Swatch Sistem51 adalah salah satu model jam tangan Swatch yang tergolong fenomenal dan sekaligus collectible dari banyak model yang pernah diproduksi oleh Swatch, Sistem 51 mengacu kepada jumlah komponen mekanik sebanyak 51 komponen tidak lebih tidak kurang, sebagai perbandingan umumnya jumlah komponen jam tangan automatic sedikitnya adalah 2 kali lipat dari jam tangan Swatch Sistem51 ini bahkan ada beberapa jam mekanik yang mempunyai 600 komponen ! 51 ini dianggap "magic number" dan bagi Swatch dianggap juga "lucky number". Sistem51 ini terinspirasi oleh Copernicus yang menyatakan matahari adalah pusat tata surya.
demikian pula dengan Sistem51 yang menempatkan semua komponen dalam 1 pusat ditengah dengan menggunakan 1 screw saja dan diklaim sebagai mesin automatic pertama yang dirakit secara otomatis tanpa ada campur tangan watchmaker bahkan swatch meniadakan adjustment regulator pada balance spring membuat jam mekanis ini tidak dapat diregulate atau bahkan diservis karena dianggap free maintenance, Swatch percaya diri karena movement ini dibuat kedap karena memang casing jam didesain untuk sama sekali tidak dapat dibuka sehingga debu, uap air atau apapun tidak dapat masuk kedalam mesin, sebuah keyakinan yang masih harus diuji dan dibuktikan untuk jangka panjang karena memang dari awal jam tangan swatch dibuat dengan konsep pop dan fungky yang akan segera diganti dengan model lebih baru dan fresh sehingga konsepnya adalah pakai, bosan/rusak dan buang, tidak rumit, santai saja.
konsep "sekali pakai - buang" ini terindikasi dari material yang digunakan yang umumnya adalah berbahan plastik keras dan sama sekali tidak dapat diservis namun agak mengherankan kalau jam tangan swatch dengan konsep pop seperti ini terutama untuk pasar Indonesia dibandrol dengan harga sangat tinggi dibandingkan produk sejenis dari Japan seperti antara lain Lorus dan Q&Q.
movement sistem51 dibuat dari material ARCAP yaitu campuran antara tembaga, nikel dan zinc yang diklaim sebagai anti-magnetic serta mempunyai power reserve yang panjang yaitu selama 90 jam.


produksi tahun 2012.



ada sedikit retak pada casing bagian samping.


original rubber strap dengan jahitan biru yang serasi dengan warna jam ini, kondisi rubber strap masih baik.
menggunakan automatic movement in-house sistem 51 dengan 19 jewels dan bekerja pada frekuensi 21.600bph., quick set date, power reserve sesuai specs 90 jam dan dapat diputar manual untuk mengisi power reserve.
terlihat 1 sekrup saja ditengah rotor yang digunakan dalam mesin ini namun klaim bahwa hanya 1 sekrup itu saja untuk memegang semua komponen secara bersamaan sepertinya tidak realistis dan mungkin hanya gimmick marketing saja.
diameter 42mm tanpa crown, lug to lug 51mm.
original rubber strap.

hanya jam saja tanpa box dan surat-surat, dijual (Sold, Thanks)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...