home

Wednesday, February 10, 2016

Riki Watanabe Solar AKQD020 (Sold)


Disaat produsen dan desainer lain terutama produsen jam dari benua Eropa berlomba-lomba untuk memberikan kesan "luxury" pada jam mereka termasuk pada kemasan yang biasanya disebut "box" lalu diperhalus dan ditingkatkan derajatnya dengan istilah "Presentation" yang sebenarnya hanya sedikit saja menaikkan "value" dari jam tersebut (tetapi dapat mengerek "price" setinggi langit), maka kemunculan desainer asal Jepang, Riki Watanabe yang memang fokus pada hal-hal yang esensial saja seolah-olah memberikan angin segar untuk sedikit memberikan pencerahan agar tidak terjerumus terlalu dalam kepada hal-hal yang kurang esensial dari suatu produk.
Riki Watanabe adalah industrial designer yang menjadi referensi global untuk modern desain khas jepang, sangat memperhatikan kesederhanaan desain dan tertarik dengan low cost material, (terlihat dari box jam ini yang sederhana dengan bahan kertas kardus), memulai menjadi desainer jam dinding untuk Seiko pada tahun 1970, sebagai karya masterpiece adalah the clock of the Hibiya Dai-Ichi Insurance Company di Tokyo. (foto dibawah diambil dari pourannic.com).



Hasil kolaborasi antara Seiko corp. group melalui anak perusahaannya Alba dengan Riki Watanabe telah menghasilkan berbagai macam model jam tangan maupun jam dinding yang banyak mendapat pujian karena kesederhanaan desain, desainer Jepang ini pernah mendapat gold good design award pada tahun 2004 untuk original dan elegan desain jam.
Sama seperti desain jam tangan Riki Watanabe lainnya kesederhanaan desain menjadi ciri khasnya, dial putih polos dengan index marker hitam yang kontras, kali ini hands dapat berpendar dalam gelap setelah terpapar sinar dan marker pada jam 12 saja yang berpendar, sederhana dan sangat esensial, casing brushed finish dibuat bulat sepenuhnya tanpa terlihat lug sama sekali karena penempatan lug yang lurus kebawah, jam ini secara keseluruhan terlihat bergaya kontemporer.



Salah satu ciri khas dari Riki Watanabe adalah kegandrungannya akan "low cost material", box hanya berupa kardus coklat warna aslinya dengan printing warna hitam saja dan sebagai bantalan jam di dalam box hanya berupa potongan busa saja, sedangkan instrution manual hanya berupa gulungan kertas tipis yang dilipat kecil begitu pula kartu garansi hanya berupa 2 lembar kertas kecil, itu saja, tidak berlebihan, hanya yang esensial namun sangat mengena bagi yang mengerti akan makna keindahan dalam kesederhanaan.

bentuk casing yang bulat dan menyerupai piston  tanpa diganggu oleh lug yang dibuat lurus kebawah, sebelumnya belum pernah melihat desain lug yang unik seperti ini. 



strap yang juga sederhana tanpa jahitan dengan push button buckle.



menggunakan movement berteknologi solar cal. V182C, teknologi solar banyak diaplikasikan pada jam tangan asal Japan


diameter 37.5mm tanpa crown, tebal 8.2mm.




hanya dipasarkan untuk domestik Japan, kondisi baru, garansi hanya berlaku di Japan saja, berlaku 1 tahun sejak bulan Februari 2016, dijual (Sold-Thanks)




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...