Minggu, 03 Januari 2016

Vulcain (Sold)


Vulcain, merk jam tangan asal Swiss yang cukup dihormati pada zamannya, terutama dikenal untuk complication watch, Didirikan oleh Maurice Ditisheim sejak tahun 1858 dan baru diperkenalkan merk Vulcain pada tahun 1894, salah satu complication watch yang paling dikenal adalah Vulcain Cricket, jam tangan dengan fungsi alarm mekanis yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1947. Pada tahun 1950 sempat diuji coba  oleh penyelam Hannes Keller,  jam tangan yang digunakan adalah vulcain tipe nautical namun tetap dengan fungsi alarm mekanis, uji coba ini menobatkan vulcain sebagai jam tangan pertama di dunia yang dapat berdenting secara baik di kedalaman 155 meter dibawah permukaan air, rekor ini sempat dipecahkan oleh penyelam yang sama  pada tahun 1962 dengan tetap menggunakan jam vulcain yang dapat berdenting pada kedalaman 315 meter.
Pada tahun 1961 Vulcain merger dengan beberapa merk jam asal Swiss yaitu Revue, Vulcain, Buser serta Phénix dan membentuk Manufactures d'Horlogerie Suisse SA Réunis SA" (MSR) dan kemudian merk Marvin turut bergabung pada tahun 1973, logo "Double R" dipakai pada merk Marvin, Revue Thommen dan Vulcain, sampai sekarang logo jam tersebut tetap dipakai oleh Revue Thommen, sekaligus sebagai penerus tradisi pembuatan jam dengan fungsi alarm. Pada tahun 2001, PMH (Production et marketing Horologer) menjadikan merk Vulcain independen kembali dengan mengakuisi semua hak cipta merk Vulcain termasuk Vulcain Cricket yang legendaris dan memperkenalkan model baru pada tahun 2002.
Vulcain juga dikenal sebagai "The President Watch" karena banyak presiden asal Amerika mengenakan jam Vulcain antara lain seperti Dwight Eisenhower, Harry Trumann, Richard Nixon and Lyndon Johnson, hal ini membuat jam tangan merk Vulcain tidak saja tergolong prestisius namun mempunyai kualitas teknis movement yang tergolong mumpuni pada zamannya.


Vulcain ini mempunyai bentuk kotak dengan bentuk index marker dan hands yang sederhana, dial silver berbentuk bulat, terlihat cukup elegan tanpa banyak pernak pernik yang tidak perlu.

index marker yang mengelilingi dial terlihat sudah aging dan berubah warna menjadi silver kekuningan dan index marker pada posisi jam 6 sepertinya telah hilang.
bracelet model strap dengan clasp berlogo "Double R".

Menggunakan automatic movement dari MSR (Manufactures d'Horlogerie Suisse SA Réunis SA") cal. S77/30 dengan 21 jewels, quick set day date, hari dalam 2 bahasa Inggris dan Arab.
dimensi 36mm tanpa crown x 33mm lug to lug, lebar lug 19mm.
Vulcain merk jam tangan prestisius yang sudah jarang beredar sekarang ini.
dijual (Sold-Thanks)


1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...