home

Friday, November 21, 2014

Seiko Bellmatic 4006-6011 (Sold)

Seiko Bell-Matic mekanis  ini sudah semakin jarang keberadaannya bahkan mungkin tidak akan pernah dibuat lagi oleh Seiko, mengingat kalau diproduksi baru akan menjadi sangat mahal harga jualnya, agak mengherankan juga apabila dibandingkan seiko diver vintage, apresiasi terhadap seiko bell-matic tergolong rendah, memang penampilan dan model masih menjadi faktor utama atau bahkan lebih banyak yang hanya ikut arus saja.


pada zamannya, saat kondisi baru Seiko Bell-Matic dijual lebih mahal (USD 105-125) dibandingan Seiko Diver model 6105 (USD 95) yang saat ini sangat populer dan justru dihargai lebih mahal dibandingkan bellmatic bahkan bisa lebih mahal 10 kali lipat dibandingkan Seiko Bell-Matic.



Seiko Bellmatic 4006-6011 tergolong model yang paling populer dan banyak beredar dibandingkan seiko bellmatic model lainnya, dial hitam kecoklatan dengan inner bezel berupa petunjuk waktu alarm berwarna orange sebagai aksen yang kontras.

crown dan pusher untuk fungsi alarm.



produksi Agustus 1971.

movement yang digunakan pada jam Seiko Bellmatic mempunyai tingkat akurasi grade C atau menengah, berdasarkan specs. pada rentang antara -15 s/d. +25 detik per hari, bandingkan dengan movement 6309 yang termasuk grade E dengan tingkat akurasi pada rentang antara -35 s/d. +45 detik per hari, seperti diketahui movement 6309 ini banyak digunakan seiko diver vintage seri turtle yang juga sangat populer dan harganya kini juga sekitar 3 kali lebih tinggi dari seiko Bell-Matic.
Menggunakan automatic movement Seiko cal. 4006A, 17 jewels dan bekerja pada frekuensi 19.800 bph, power reserve 42 jam, quick set date dengan menekan tombol pada jam 2, untuk setting hari dengan memutar jarum bolak balik antara jam 01.00-22.30, untuk mengisi power alarm dengan memutar crown dalam posisi tombol pada jam 2 ditekan kedalam

untuk mengisi power alarm dengan memutar crown dalam posisi tombol pada jam 2 ditekan kedalam, untuk standby alarm tombol pada posisi jam 2 ditarik keluar untuk mematikan alarm dengan menekan tombol pada posisi jam 2 sedangkan untuk menentukan waktu alarm berdering dengan menarik crown 1 kali dan memutar inner bezel berlawanan arah jarum jam. 
diameter 37mm tanpa crown, lug to lug 43mm, lebar lug 19mm.
dipadukan dengan leather strap aftermarket, dijual (Sold-Thanks)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...