Minggu, 18 Mei 2014

Seiko GS Hi-Beat 5645-7000 (Sold)

Grand Seiko atau Seiko GS adalah salah satu dari model seiko papan atas, diproduksi pertama kali sekitar pertengahan tahun 1960, seri GS diproduksi oleh Suwa Seikosha Co. sedangkan Daini Seikosha Co. memproduksi King Seiko atau Seiko KS 1 tahun kemudian yaitu pada tahun 1961. 
Seperti umumnya model Seiko papan atas model Seiko GS cenderung sederhana namun sangat memperhatikan detail yang sempurna.
Mengapa Seiko mengeluarkan seri GS dan KS?, karena pada masa itu sekitar tahun 1960, jam merk Seiko masih dianggap inferior dibandingkan jam-jam merk Swiss  yang dipersepsikan lebih berkualitas tinggi, padahal Seiko sebelumnya sudah mengeluarkan jam tangan yang juga berkualitas tinggi  seperti misalnya seri Crown atau Chronos. 
Untuk mengakhiri perpsepsi yang salah mengenai inferioritas merk Seiko, dibuatlah seri GS dan kemudian KS yang dari awal produksi sudah mengikuti strandar Basel Observartory dan lolos uji COSC (Contrôle Officiel Suisse des Chronomètres), Seiko GS juga mencantumkan istilah chronometer pada dial  sebagai bukti telah lolos uji COSC, namun pencatuman istilah chronometer hanya sampai tahun 1966 saja karena belakangan European Chronometer Official Association melarang penggunaan istilah chronometer pada jam Seiko Chronometer, hal ini dikarenakan Seiko melakukan test akurasi di perusahaannya sendiri bukan di Bazel Obeservartory.  
Pelarangan penggunaan istilah chronometer  tidak membuat Seiko tinggal diam karena sejak itu seiko membuat standar akurasi sendiri yang kemudian disebut GS standar.
Standar GS ini bahkan melampaui standar COSC, yaitu dengan rentang akurasi harian mencapai -3 s/d. +5 detik, bandingkan dengan standar COSC antara -4 s/d. +6 detik per hari.
Sejak saat itu, mulai tahun 1966 Seiko GS sudah tidak mencantumkan lagi istilah chronometer pada semua varian GS, seiko percaya diri dengan cukup mencantumkan GS saja, yang berarti GS standar yang berarti pula "Higher Standard than COSC".

Berikut ini adalah Time Line dari produksi GS, KS, chronometer standar dan GS Standar [work of Kobayashi Seiya (KSeiya)]

Seiko GS seri 5645-7000 ini menggunakan movement 56GS (5645) yang diproduksi pertama kali pada tahun 1970, movement ini tergolong grade 2A dengan tingkat akurasi harian -3 s/d. +6 detik, grade tertinggi dari GS Standar adalah grade 4A (cal. 618x dan 458x) dengan tingkat akurasi harian -2 s/d. +2 detik dan terendah adalah grade B dengan tingkat akurasi harian -10 s/d. +15 detik.

dial pada Seiko GS ini sudah tidak sempurna lagi terdapat sedikit cacat pada pinggir dial antara jam 1-4 (terlihat pada foto makro) dan sedikit kotor pada tengah dial posisi jam 8-9


Original Crown dengan logo GS sebagai lambang kualitas yang baik
Gold Medallion pada caseback sebagai ciri khas Seiko GS.

Produksi April 1970.

Menggunakan automatic movement Seiko GS cal. 5645 dengan 25 jewels dan bekerja pada frekuensi hi-beat 28.800 bph, power reserve berdasarkan specs. 47 jam, quick set date, hack system, dapat diputar manual untuk mengisi power reserve, movement ini tergolong tipis dan cocok diaplikasikan pada beberapa model Seiko GS yang relatif tipis, diproduksi pertama kali pada tahun 1970, akurasi saat ini bisa saja keluar dari standar pada saat jam ini diproduksi pada tahun 1970, mengingat jam ini sudah berusia 44 tahun.
diameter 36mm tanpa crown, lug to lug 41mm, lebar lug 18mm.
simpel dan elegan, model seperti ini sangat khas Japan, tidak berlebihan, tidak untuk membuat orang lain terkesan atau kagum, namun hanya dapat dinikmati oleh orang  yang mengerti akan kesederhanaan dalam kemewahan.
dipadukan strap aftermarket biasa, dijual (Sold-Thanks)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...