Sabtu, 22 Februari 2014

Seiko Twin Quartz 9923-8000 (Sold)

Seiko sempat memproduksi jam yang sangat akurat pada waktu gelombang jam quartz tengah merajai pasar, teknologi yang digunakan adalah Twin Quartz yang mulai diproduksi pada tahun 1978 dan berakhir pada pertengahan tahun 1980, seiko sendiri mengklaim twin quartz ini sebagai "world's first very-fine adjusted ultra-accurate Twin Quartz watch", movement twin quartz pertama adalah cal. 9526 yang pertama kali diproduksi pada tahun 1978 dengan tingkat akurasi +/- 10 detik per tahun, sayangnya umur produksi seiko twin quartz tergolong pendek sekitar 2 tahun saja, dikarenakan tingginya biaya produksi sedangkan pasar yang membutuhkan tingkat akurasi ekstrim tergolong tidak besar.
Seiko Twin Quartz ini mempunyai kualitas material dan finishing yang tergolong baik, terlihat sederhana saja, fokus pada detail, khas jam seiko high-end.
casing model integrated line dengan bracelet sehingga seolah-olah terlihat menyatu antara bracelet dengan casing jam.
crown octagonal  yang tampak berkelas.
Pada permukaan luar kaca apabila dilihat dari sudut tertentu terlihat seperti ada coating yang mulai memudar
solid stainless steel bracelet dengan kualitas material dan finshing yang baik.
produksi Juni 1979
inilah movement Seiko Twin Quartz cal. 9923A, dengan 5 jewels, tingkat akurasi +/- 20 detik per tahun, quick set day-date, menggunakan baterai tipe SR927SW dengan umur baterai mencapai 3 tahun.

Terdapat 2 crystal oscillator, 1 sebagai kristal utama dan 1 lagi sebagai penunjang yang dapat mendeteksi suhu udara dan akan diproses oleh micro processor untuk mengkompensasi "error" crystal oscillator utama, metode kompensasi temperatur ini dapat meningkatkan tingkat akurasi jam quartz secara drastis dari biasanya antara 5-20 detik per bulan menjadi 5-20 detik per tahun.
dimensi 36mm tanpa crown, lug to lug 42mm.
dijual jam yang diklaim sebagai jam ultra akurat yang pertama didunia, (Sold-Thanks)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...