Minggu, 09 Februari 2014

Seiko KS 5246-5010 (hi-beat) (Sold)

Seiko KS (King Seiko) dipasarkan pertama kali pada tahun 1963 dengan menggunakan movement dari Daini Seikosha Co., sebagai rival dari Seiko GS (Grand Seiko) yang dipasarkan lebih dahulu pada tahun 1960 dengan menggunakan movement dari Suwa Seikosha Co., perseturuan diam-diam antara 2 anak perusahaan Seiko ini seperti musuh dalam selimut dan tampaknya memang dibiarkan terjadi oleh holding company Seiko Group untuk menghasilkan produk movement yang inovatif.
Mengapa Seiko mengeluarkan seri GS dan KS?, karena pada masa itu sekitar tahun 1960, jam merk Seiko masih dianggap inferior dibandingkan jam-jam merk Swiss  yang dipersepsikan lebih berkualitas tinggi, padahal Seiko sebelumnya sudah mengeluarkan jam  tangan yang juga berkualitas tinggi  seperti misalnya seri Crown atau Chronos.
Untuk mengakhiri perpsepsi yang salah mengenai inferioritas merk Seiko, dibuatlah seri GS dan KS yang kemudian terbukti lolos uji COSC (Contrôle Officiel Suisse des Chronomètres) bahkan kemudian tidak hanya sekedar lolos uji COSC namun melampaui syarat ketat dari COSC.
Gebrakan pertama dari Seiko KS adalah penggunaan movement manual winding tanpa nomor kaliber dengan 25 jewels dan bekerja pada frekuensi low beat 18.000bph, setahun kemudian atau pada tahun 1964, diproduksi movement cal. 44A yang menjadi cikal bakal dari movement chronometer pertama Seiko KS cal. 4420A dan 4420B, Semua cal. 44 series berpenggerak manual winding dan bekerja pada frekuensi low beat 18.000bph.
Ada hal yang menarik dari cal. 4420A/B chronometer ini karena sekitar pertengahan tahun 1960an, European Chronometer Official Association melarang penggunaan istilah chronometer pada jam Seiko Chronometer sehingga kemudian pada tahun 1966  dirubah namanya menjadi seri 44GS  dengan menggunakan standar Seiko (GS Standar) yang lebih ketat dibandingkan standar COSC yang menjadi kebanggaan sekaligus arogansi negara-negara Eropa pada waktu itu.
Perseteruan antara KS dan GS kemudian berakhir setelah gelombang jam quartz sukses merajai pasar dunia yang membuat produksi KS dan GS vakum untuk beberapa tahun kemudian, namun pada tahun 1998 varian GS diproduksi kembali sedangkan varian KS vakum sampai sekarang, dengan demikian populasi seri KS tidak akan bertambah lagi.
Seiko KS dengan movement 5246A adalah generasi terakhir dari Seiko KS yang diproduksi pertama kali pada tahun 1971, tampil cantik dengan bentuk kotak dan dial abu-abu bertexture garis-garis horizontal halus, desain texture dial yang artistik terutama saat terkena pantulan sinar pada sudut tertentu, tampak perpaduan dial, hands dan index marker yang cantik, tampil sederhana, tidak berlebihan namun fokus pada detail, desain seperti ini justru memancarkan keindahan khas line up kelas atas varian Seiko.

produksi Agustus 1972

Menggunakan hi-grade automatic movement dari  seiko cal. 5246A dengan 25 jewels dan bekerja pada frekuensi hi-beat 28.800bph, quick set day-date, uniknya untuk setting tanggal maka otomatis juga akan mengisi power reserve, hari dalam 2 bahasa, Inggris dan kanji, japan, hack system, dapat diputar manual untuk mengisi power reserve.
dimensi 36mm tanpa crown x 38.5mm lug to lug, lebar lug 20mm.

dipadukan dengan leather strap hitam generic terlihat serasi, dijual (Sold-Thanks)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...