Senin, 04 November 2013

Seiko World Timer Chronograph SJC050P (Sold)

Revolusi jam quartz yang dipelopori oleh Seiko dengan harga lebih terjangkau sekitar tahun 1978 telah memberi dampak yang luar biasa pada industri jam tangan di seluruh dunia, Seiko tidak berpuas diri dengan keungggulan atas  tingkat akurasi  dan kepraktisan jam tangan quartz namun terus mengembangkan berbagai fungsi jam tangan  yang sebelumya belum terpikirkan atau kalaupun dibuat dengan tekonologi mekanis akan menjadi sangat tidak masuk akal harganya, seperti jam Seiko SJC050P ini yang mempunyai fungsi lain selain sebagai petunjuk waktu seperti Perpetual Calendar yang akan tepat menentukan tanggal sampai tahun 2099, World Time dengan 22 kota utama dunia, Chronograph dengan fungsi stopwatch sampai perhitungan 24 jam, Alarm dan battery life indicator.
Seiko ini berpenampilan unik dengan 2 subdial, hands pada subdial juga berbentuk unik namun tetap terlihat elegan, subdial bawah untuk memindahkan fungsi jam, subdial kiri sebagai petunjuk 24 jam.
Petunjuk tanggal dalam jendela tanggal bukanlah tanggal biasa namun sudah dibenamkan teknologi perpertual calendar yang akan  memajukan tanggal ke tanggal 1 pada awal bulan secara otomatis untuk tanggal yang berakhir ganjil maupun genap pada akhir bulan bahkan untuk akhir bulan Februari pada tanggal 28/29, yang menarik apabila fungsi calendar diaktifkan jarum jam dan menit berfungsi sebagai pointed hands yang akan menunjukkan bulan seperti tertera pada sisi luar marker dial dengan nama-nama bulan sedangkan jarum second befungsi sebagai pointed hand untuk menujukkan  telah berapa tahun leap time (tahun kabisat) terjadi.
Jarum second sebagai pointed hand juga berfungsi sebagai petunjuk nama-nama 22 kota utama dunia dengan zona waktu yang berbeda sebagai petunjuk world time saat fungsi STD WT (Starndard World Time) ataupun DST WT (Daylight Saving World Time) diaktifkan.
Fungsi alarm dapat diaktifkan dengan memindahkan hand pada subdial bawah pada posisi Alarm on, alarm ini akan berbunyi cukup nyaring selama 20 detik dan untuk stop alarm dapat menggunakan salah satu pusher dari 4 pusher yang ada.
pusher kanan atas dan bawah untuk berbagai fungsi, misalnya  pusher atas untuk memindahkan pointed hand kota-kota dunia, saat menunjukan salah satu  kota dunia maka jam akan secara otomatis bergerak menunjukkan waktu pada kota tersebut, sangat praktis dan fungsional.
crown berfungsi pula untuk memlih fungsi-fungsi pada jam tersebut dengan langsung memutar searah atau berlawan arah jarum jam.
pusher kiri atas dan bawah juga mempunyai macam-macam fungsi seperti fungsi start/stop chronograph pada pusher kiri atas dan reset pada pusher kiri bawah, tentunya setelah fungsi chrono diaktifkan melalui crown seperti tertera pada subdial bawah.
original seiko calf leather strap 20mm.
original buckle Seiko.
Menggunakan Seiko Quartz movement cal. 6M15 dengan tingkat akurasi pada range +/- 15 detik per bulan, menggunakan baterai SR927W yang dapat bertahan hidup selama 2 tahun.

perkiraan produksi Oktober 2003.
perkiraan diameter 37mm tanpa crown, lug to lug 41mm, lebar lug 20mm.
Satu lagi fungsi Chronograph yang unik saat fungsi chrono diaktifkan dan menekan tombol start/stop pada pusher kiri atas maka jarum detik akan bergerak 1/10 detik retrograde (bergerak bolak balik) secara cepat pada marker 1/10 sec. antara jam 12-2 selama 10 menit pertama, sedangkan jarum menit seketika berubah menjadi jarum detik karena bergerak per detik dan jarum jam seketika berubah menjadi jarum menit sedangkan jarum jam ditunjukkan dengan  hand pada subdial kiri (24 hour hand).
Kondisi New Old Stock (NOS) dengan sedikit minor dent pada casing dekat kaca, kecil saja pada posisi jam 10, tidak begitu terlihat, lengkap dengan box dan buku garansi resmi, terlihat klasik dan elegan dengan dengan fungsi beragam yang sangat praktis dan fungsional, dijual (Sold-Thanks)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...