Kamis, 17 Oktober 2013

Seiko Bellmatic 4006-6011 (Sold)

Seiko Bell-Matic mekanis ini seharusnya masuk dalam buruan para kolektor karena sudah semakin jarang keberadaannya bahkan mungkin tidak akan pernah dibuat lagi oleh Seiko, salah satu alasan pada waktu jam model ini diberhentikan produksinya juga karena mahalnya ongkos produksi yang tidak sebanding dengan hasil penjualannya, dibandingkan seiko diver vintage apresiasi terhadap seiko bell-matic masih sangat rendah.
pada zamannya, saat kondisi baru Seiko Bell-Matic dijual lebih mahal (USD 105-125) dibandingan Seiko Diver model 6105 (USD 95) yang saat ini sangat populer dan justru dihargai lebih mahal dibandingkan bellmatic bahkan bisa lebih mahal 10 kali lipat dibandingkan Seiko Bell-Matic.
Seiko Bell-Matic dengan dial silver bertexture seperti ini bagi sebagian orang mungkin terlihat biasa dan sederhana saja, namun mekanisme fungsi alarm didalamnya tidaklah sesederhana tampilannya, saat ini jam seiko dengan fungsi alarm  hanya menggunakan mesin quartz atau sejenisnya seperti kinetic atau solar.

terdapat cacat pada dial dan akan terlihat jelas saat difoto makro atau menggunakan loop, namun sekilas dengan mata biasa tidak terlalu terlihat.
jam ini masih sangat handal untuk digunakan sehari-hari padahal telah berumur 42 tahun, alarm masih bergetar dan berbunyi nyaring

pusher untuk standby dan stop alarm serta untuk setting tanggal dengan menekan pusher.
produksi Januari 1973

movement yang digunakan pada jam ini tergolong spesial karena cal. 4006 hanya digunakan untuk Seiko Bell-Matic dan tentu saja bukan movement sembarangan, tingkat akurasi tergolong grade C atau menengah, berdasarkan specs. pada rentang antara -15 s/d. +25 detik per hari, bandingkan dengan movement 6309 yang termasuk grade E dengan tingkat akurasi pada rentang antara -35 s/d. +45 detik per hari.
Menggunakan automatic movement Seiko cal. 4006A, 17 jewels dan bekerja pada frekuensi 19.800 bph, power reserve 42 jam, quick set date dengan tombol pada jam 2, untuk setting hari dengan memutar jarum bolak balik antara jam 01.00-22.30, untuk mengisi power alarm dengan memutar crown dalam posisi tombol pada jam 2 ditekan kedalam, untuk standby alarm tombol pada posisi jam 2 ditarik keluar untuk mematikan alarm dengan menekan tombol pada posisi jam 2 sedangkan untuk menentukan waktu alarm berdering dengan menarik crown 1 kali dan memutar inner bezel berlawanan arah jarum jam.
diameter 37mm tanpa crown, lug to lug 43mm


dipadukan dengan strap bukan original seiko, dijual (Sold-Thanks)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...