Sabtu, 02 Maret 2013

West End Watch Co. Sowar Prima (Hi-Beat) Reff. K.4149 (Sold)

 West End Sowar Prima, produsen jam asal Swiss yang sebagian besar produknya selalu bertema militer, mempunyai nilai historis yang panjang sejak abad ke 19, dalam bahasa Hindustani nama Sowar berarti "warrior" dan sub-brand Sowar juga dipilih sebagai penghargaan kepada Lawrence of Arabia dimana dia beserta tentaranya mengenakan jam West End selama perang dunia I, sebagian  tentara Inggris dan India yang dikirim dari Bombay menuju Mesopotamia (Iraq) diberikan beberapa jam West End yang turut bertugas dalam medan perang.

Jam West End ini tampil dengan model khas jam militer dengan index arabic, dial hitam dan hands model cobra, serba kontras untuk memudahkan  pembacaan, dimensi juga tergolong tidak besar, dimensi yang umum untuk jam-jam versi militer.


 crown polos
casing dan mika unpolished terdapat gores-gores wajar karena pemakaian.
tanda panah pada caseback konon sebagai tanda jam versi militer
masih ada pelindung besi setelah caseback dibuka, fungsi dari penutup mesin ini apabila melihat dari strukturnya berfungsi sebagai penahan dial agar tidak bergerak ke bawah, pada beberapa jam dengan model penutup tambahan seperti ini, umumnya movement di dalamnya  terlihat masih bersih.

ada record history berwarna hitam

menggunakan automatic movement berbasis ETA 2821-2 dengan 17 jewels dan bekerja pada frekuensi hi-beat 28.800 bph, dapat diputar manual untuk mengisi power reserve,  no date.


diameter 34mm tanpa crown. lug to lug 42mm. lebar lug 18mm.
dipadukan dengan canvas strap hitam supaya berkesan military, dijual (Sold-Thanks)
sebuah advertising pada bulan Juli 2012 untuk kontes dan mencari West End Watches tertua dalam kondisi baik dan lengkap, sayang sekali kontes ini hanya terbuka untuk negara Hongkong, Mainland China, Taiwan, Singapore, Malaysia, Thailand dan Australia, negara Indonesia tidak termasuk didalamnya padahal kolekor jam vintage West End Co. di Indonesia diyakini pantas untuk mengirimkan jam tua West End mereka, mungkin karena interaksi kolektor jam antik Indonesia dengan dunia international masih minim, padahal kolektor jam antik di Indonesia saat ini berkembang luas dengan varian koleksi yang juga macam-macam bahkan jam yang tergolong super rare secara ajaib dapat ditemukan di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...