Rabu, 06 Maret 2013

Seiko LM Special 5216-6010 (hi-beat) - Green Dial (Sold)

apa yang membuat seiko LM ini begitu special dibandingkan seri LM lainnya? ternyata ada pada movement yang digunakan, menggunakan seiko cal. 5216A yang dikembangkan dari cal. 5206A, movement ini diproduksi oleh Daini factory untuk berkompetisi dengan Suwa factory yang juga membuat seiko cal. 5606 atau cal. 5626 yang masing-masing untuk seiko seri LM atau seri LM de luxe, khusus untuk cal. 5626 juga digunakan pada Seiko KS, memang pada masa itu walaupun masih bagian dari divisi Seiko namun kedua factory ini, Daini dan Suwa selalu bersaing dalam inovasi teknologi sebelum gelombang teknologi  seiko quartz pada masa itu menyapu bersih hampir semua teknologi mekanis, termasuk teknologi mekanis dari seiko sendiri.
movement 5206 dan 5216 dari Daini factory dipakai pada seiko LM special dan LM silver wave, jadi apa yang membuat movement LM ini  "special" dibandingkan movement LM reguler yang menggunakan movement 5606 dari Suwa Factory?, ternyata tingkat akurasi 5206 dan 5216 tergolong 1 grade lebih tinggi, tergolong grade B dengan tingkat akurasi -10 s/d. +15 detik per hari, dibandingkan grade C pada cal. 5606 dengan tingkat akurasi -15 s/d. +25 detik per hari, bandingkan dengan movement 6309 yang sangat populer digunakan pada Seiko Diver yang hanya termasuk grade E dengan tingkat akurasi antara -35 s/d. +45 detik per hari.
original bracelet dan buckle Seiko LM
produksi Desember 1973
menggunakan automatic movement cal. 5216A dengan 25 jewels dan bekerja pada frekuensi hi-beat 28.800 bph, hacking system, quick set day-date, hari dalam 2 bahasa Inggris dan Kanji, Japan, uniknya untuk quick set tanggal bersamaan juga dengan mengisi power reserve, sehingga seperti memutar manual winding setelah crown ditarik 1 kali, dapat diputar manual untuk mengisi power reserve.
terlihat kotor/karat pada movement ring holder (bukan pada movement).
kaca model prismatic namun telah dipoles sehingga terlihat jernih tanpa gores namun menghilangkan sudut-sudut tajam pada kaca.

ring bezel berwarna emas telah aus dan ada bintik-bintik hitam pada beberapa bagian.

dial hijau bergradasi terlihat kotor pada beberapa bagian dial.


diameter 35,3mm tanpa crown, lug to lug 39mm, lug width 18mm.
tergolong lebih jarang beredar dibandingkan seri LM reguler produksi Suwa Seikosha, termasuk kategori Japan Domestic Market (JDM) dijual (Sold-Thanks)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...