Sabtu, 26 Januari 2013

Royce Leadership 600 (Sold)

Royce Leadership 600 tampak elegan dengan dauphine hands serta emblem 57 jewels pada dial sebagai pertanda jam berkelas pada zamannya karena pada masa itu semakin banyak jewels berupa synthetic ruby dianggap semakin berkelas dan tentu saja semakin mahal dibandingkan jumlah jewels pada umunya yang hanya berjumlah 17-23 jewels.
jam ini dengan kondisi hari dan tanggal rusak/tidak berfungsi karena ada parts (gear) yang harus diganti, saat ini ternyata susah sekali mendapatkan parts tersebut (movement Felsa 4006), perlu kesabaran dan keberuntungan lebih apabila ingin petunjuk tanggal dan hari berfungsi sebagaimana mestinya.
hampir saja terkecoh dengan tulisan pada dial yang ternyata telah digrafir dengan kualitas yang halus, apabila diperhatikan tanpa memakai kaca pembesar tidak terlihat telah digrafir  namun setelah diperhatikan dengan bantuan kaca pembesar hampir dapat dipastikan telah digrafir, itulah gunanya loop atau kaca pembesar bagi kolektor jam antik, sudah wajib dimiliki dan tentu saja harus digunakan terutama untuk memperbesar detail pada dial yang rawan digrafir, buat sebagian kolektor yang bukan dari golongan purist sejati dial yang telah digrafir masih dapat dimaklumi karena akan terlihat lebih bersih dan tampak muda kembali daripada kotor parah atau rusak muka dialnya sehingga dapat dipakai kembali, sayang kalau harus dibuang.

original crown dengan logo "R"
Gold emblem masih menempel pada caseback, banyak juga ditemukan  gold emblem ini yang sudah tidak ada karena dicongkel untuk dijual terpisah. 
Menggunakan automatic movement Royce yang mengambil basis dari Felsa 4006, maksimum jewels pada Felsa 4006 standar adalah 30 jewels, ditambahkan oleh Royce menjadi 57 jewels, frekuensi 18.000 bph tergolong low beat, power reserve berdasarkan specs. 43 jam, setting tanggal dengan menekan pusher kecil yang tersembunyi pada bagian lug kiri (sudah tidak berfungsi), setting hari dengan memutar crown 24 jam searah jarum jam (tidak berfungsi), circa 1955


diameter 36mm tanpa crown, lug to lug 41mm.
dipadukan dengan bracelet bukan original Royce namun cukup serasi, dijual (Sold-Thanks)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...