Minggu, 23 Desember 2012

Seiko Quartz Railroad Approved - 7N43-8A39 (Sold)

Tragedi tabrakan  kereta api di Kipton, Ohio, Amerika Serikat pada tahun 1891 memicu kesadaran akan pentingnya akurasi jam yang dipakai para masinis kereta pada waktu itu,  pada zamannya memang mereka mengandalkan pocket watch saat sedang bertugas, hanya karena terjadi error selama 4 menit pada pocket watch, kecelakaan kereta api yang dahsyat tak terhindarkan.

Sejak saat itu dibuatlah standar keamanan yang ketat pada setiap jam yang dikenakan crew kereta api terutama di Amerika Serikat antara lain tingkat akurasi tidak boleh lebih dari 30 detik per minggu atau sekitar 4 detik per hari atau mirip dengan COSC standards antara -4 s/d.+6 detik per hari.
Semua crew kereta api tidak terkecuali mulai dari masinis, engineer, signal men sampai foreman diharuskan memperoleh Certified Railroad Approved sebelum memulai perjalanan, untuk itu semua jam mereka diperiksa terlebih dahulu sebelum memperoleh sertifikat mengingat begitu pentingnya keselamatan penumpang kereta api, karena pada zaman itu semuanya tergantung dari jam yang mereka kenakan, kesalahan dalam hitungan menit dapat berakibat fatal maka setiap detik dari jam yang berdetak harus dapat dipastikan tingkat akurasi dan kehandalannya.
ini adalah contoh sertifikat yang diambil dari www.railroad.net, jam tangan yang  diinspeksi dari salah satu crew kereta api pada tahun 1927, jam yang diperiksa adalah merk Bulova, belakangan Bulova mengeluarkan Bulova Accutron Railroad Approved untuk memenuhi standard RR approved.
Beberapa produsen jam di Amerika Serikat berusaha memenuhi standar ketat tersebut seperti  Illinois Watch Co. Elgin Watch Co. Hamilton Watch Co. Waltham (Ball) Watch Co. dan Hampden Watch Co dengan jam-jam RR approved (RailRoad Approved) yang banyak diburu kolektor seperti The Hamilton 992, 992B, 950, 950B; Elgin 571, Waltham Vanguard and Illinois Bunn Special.
Tentu saja tingkat akurasi yang dipersyaratkan pada saat revolusi jam quartz sekitar tahun 1978 dengan mudah dicapai karena tingkat akurasi jam berteknologi quartz rata-rata kurang dari 15 detik per bulan, yang menarik selain persyaratan akurasi, warna dial index marker juga ditentukan seperti warna dial harus putih atau paling tidak silver dengan arabic numeral hitam yang kontras dan jelas termasuk index untuk 24 jam atau dikenal sebagai "Montgomery Face", seperti pada jam Seiko ini, semuanya jelas dan mudah dibaca dengan sekali pandang, selain Seiko produsen Japan seperti Pulsar dan Ctizen juga membuat jam RR Approved.
Dengan perkembangan teknologi kereta api saat ini yang sangat pesat boleh dibilang jam RR approved sudah tinggal sejarah namun yang mengherankan tetap saja beberapa produsen membuat jam seperti ini antara lain seperti :

Seiko Quartz - Railroad Approved
Ball - Official Railroad Standard
Ball - Automatic Trainmaster
Bulova - Accutron Railroad Approved
Elgin - B.W. Raymond
Hamilton Electric - Railroad Special
Wyler - Railroad Approved



kaca menggunakan mika

casing berwarna gold dengan brushed finished, ring kaca polished finish terlihat berkilau


flexible bracelet yang dapat mengikuti pergelangan tangan dengan mudah seperti karet yang elastis.
tampak belakang filexible bracelet dengan banyak tulisan seiko
menggunakan quartz movement Seiko cal. 7N43 yang praktis, tingkat akurasi +/- 15 detik per bulan, baterai SR920SW yang dapat bertahan hidup selama 3 tahun, quick set day-date, hari dalam 2 bahasa Inggris dan Spain.
diameter 35.5mm tanpa crown, lug to lug 41.5mm.
kondisi New Old Stock (NOS) tanpa box dan tanpa surat-surat, dijual (Sold-Thanks)










Stock: 5, Terjual: 5, Sisa Stock: 0

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...