Senin, 26 Maret 2012

Yema Paris - Chronograph (Sold)

another treasure from France
very impressive model
Terdapat 3 subdial, sebelah kiri untuk mengukur sampai 30 menit, sebelah kanan untuk mengukur chronograph dalam interval 1/10 detik terlihat jarum akan bergerak sangat cepat dan akan berhenti sendiri setelah mencapai 10 menit sedangkan subdial bawah menunjukkan detik yang akan berjalan terus baik pada saat  fungsi chrono dimatikan atau dihidupkan, penempatan hari dan tanggal cukup unik yaitu pada subdial 1/0 detik, hari dalam 2 bahasa Inggris dan Perancis, bezel dapat diputar 1 arah dengan klik.
Jam dengan merk Yema mempunyai sejarah yang panjang, didirikan pada tahun 1948 di perancis kemudian diambil alih oleh Hattori-Seiko Group  pada tahun 1988, dan menjadi subsdiary Seiko pada tahun 1995 dengan nama Yema S.A., pada tahun yang sama  Louis-Eric Beckensteiner bergabung dengan Yema dan mengambil alih sebagai General Director pada tahun 2001 untuk mengembalikan Yema ke asalnya, Perancis. 
diameter 37mm tanpa crown, lug to lug 44mm, lug width 20mm
pusher jam 2 untuk start/stop chronograph, pusher jam 4 untuk reset
pusher jam 10 untuk split second, screw down crown pada posisi jam 8
water resistant 40m
menggunakan quartz movement Shimauchi Ltd. cal. V906 yang mengambil basis dari quartz chronograph Seiko cal. 7A38 yang sangat legendaris tidak heran karena sejak tahun 1988 Yema telah diambil alih oleh Seiko group bahkan sebenarnya sudah ada hubungan antara Seiko dengan Yema sebelumnya karena untuk beberapa model,  movement yang digunakan dipasok dari Seiko.
movement quartz chronograph cal. V906 ini sama persis dengan movement Seiko cal. 7A28/7A38 yang legendaris karena merupakan movement quartz analog Seiko yang pertama di dunia, diperkenalkan pertama kali pada tahun 1983, mempunyai 15 jewels (fully jeweled) dan sama sekali tidak ada parts material dari plastik sehingga mesin ini dapat bertahan baik sampai sekarang, tingkat akurasi antara -20 s/d +20 detik per bulan, menggunakan baterai UCC 394 atau Maxell SR936SW yang dapat bertahan hidup sampai 2 tahun (pada foto digunakan baterai SR920SW).
Fungsi Chronograph sangat lengkap selain fungsi tachymeter dan fungsi seperti umumya chronograph dengan tombol start/stop pada pusher pada jam 2 dan pusher pada jam 4 untuk reset terdapat pusher pada jam 10 yang berguna untuk split second dimana apabila difungsikan  maka pada saat ditekan untuk stop maka jarum detik terlihat berhenti namun pada saat ditekan sekali lagi  jarum tersebut akan melompat beberapa detik tergantung pada  berapa lama jarum detik dihentikan, berguna untuk mengukur lebih dari 1 obyek ukur.
Yema Chronograph tampil sangat cantik dengan desain chronograph yang sederhana namun terlihat berkarakter kuat, brushed finish pada casing terlihat seperti warna titanium dengan dial hitam serta arabic numeral marker menjadikannya seperti  military look mirip-mirip dengan model seiko 7A28/7A38 yang dipakai Royal Air Force (RAF) termasuk ukurannya yang lebih kecil dibandingkan versi non militer, terdapat gores-gores halus pada kaca, dipadukan dengan strap zulu 20mm untuk menambah kesan militer, dijual (Sold-Thanks)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...