Rabu, 30 November 2011

Ogival - Cream Dial (Sold)




 diameter 35mm tanpa crown, lug to lug 41mm
 lug melengkung mengikuti pergelangan tangan
 crown "ogival"
unpolished caseback  (foto atas) dengan gores-gores karena kecerobohan dalam buka tutup, mencoba untuk memoles caseback (foto bawah) walaupun tidak bisa 100% menghilangkan gores tetapi hasil yang dicapai cukup memuaskan.


movement manual winding ETA 2390, 17 jewels, bekerja pada frekuensi 18.000 tergolong low beat, no date, power reserve berdasarkan specs. 47 jam, circa 1955, masih berjalan baik sampai sekarang.
"Simple is Better" itulah istilah yang tepat untuk jam ogival ini, terlihat begitu cantik karena kesederhanaannya, untuk mengekspresikan keindahan tidak perlu tampil berlebihan atau sesuatu yang tampak "complicated" dengan segala atribut yang ramai apalagi dibumbui segala sesuatu ornamen kemewahan, cukup tampil sederhana maka aura keindahan tercipta secara natural 
Ogival ini terlihat sangat klasik dengan permukaan dial cembung berwarna cream vintage, sedikit kotor pada pinggiran dial, sesuatu yang sangat wajar untuk jam yang telah berusia lebih dari 1/2 abad sekilas tidak terlihat apabila tidak diperhatikan, hands berbentuk tombak terlihat sangat klasik, semuanya tampil sederhana bahkan tanggal dirasa tidak diperlukan, apa adanya, tidak berlebihan, dijual (Sold-Thanks)

Senin, 28 November 2011

Citizen 61-0828 - Brown-Gold Dial




panjang horizontal 40.5mm tanpa crown, 41mm dengan crown, lug to lug 36mm
 Produksi Agustus 1975 
 catatan servis sebagai bukti sejarah

Menggunakan automatic movement Citizen cal. 6501, 21 jewels dengan frekuensi 21.600bph, quick set date,  atur hari  dengan memutar jarum jam 24.00-20.00 bolak balik, power reserve berdasarkan specs. 42 jam, dapat diputar manual untuk instant power reserve. 

Citizen dengan dial  coklat bergradasi dari coklat tua ke gold pada tengah dial terlihat sedikit kotor pada beberapa bagian dial, serasi dengan index marker dan hands yang juga berwarna gold, casing unik model bulat agak oval berbahan aluminium dengan coating hitam sudah aus pada semua sisi dan belakang, dipadukan dengan leather strap hitam after market, dijual IDR 275.000

Minggu, 27 November 2011

Seiko Digital Alarm Chronograph A359-5050 (Sold)




panjang horizontal 34.5mm, lug to lug 40mm
 original bracelet dan buckle masih cukup nyaman untuk lingkar pergelangan 17.5 cm
Menggunakan movement Seiko Digital Quartz A359 yang mempunyai tingkat akurasi +/- 10 detik per bulan atau +/- 2 menit per tahun, menggunakan baterai U.C.C. 391 atau SR1120W yang dapat bertahan sampai 2 tahun
Seiko digital alarm chronoraph ini produksi September 1980 dimana era jam quartz dan digital tengah merajalela pada tahun-tahun tersebut, mempunyai fungsi timer, stopwatch, kalender serta alarm yang berbunyi cukup nyaring karena penempatan speaker di atas LCD, casing dan kaca belum pernah dipoles sehingga terdapat gores-gores karena pemakaian baik pada casing dan kaca maupun bracelet dan buckle, dijual (Sold-Thanks)

Jumat, 25 November 2011

Citizen New Master - dark brown dial (Sold)




lug panjang dan melengkung
crown dengan logo CTZ
terdapat gores-gores pada caseback karena pemakaian alat yang tidak tepat
yang menarik dari Citizen ini adalah movement manual winding cal. 1802, untuk movement sebagus ini jelas  sangat undervalue apabila dibandingkan dengan movement Citizen sejenis seperti cal. 8260A yang lebih baru, diproduksi dari tahun 1962 sampai tahun 1975, movement ini juga digunakan pada Citizen Homer, 
Citizen cal. 1802, mempunyai 21 jewels dan bekerja pada frekuensi 18.000 bph tergolong low beat, setting tanggal dengan memutar crown antara pukul 24.00 dan 21.000, power reserve berdasarkan specs. 40 jam.
diameter 36.5mm tanpa crown, lug to lug 42.5mm
ini adalah Citizen model New Master versi lebih lawas diproduksi pada bulan Oktober 1969, dial coklat tua keabu-abuan dengan cross hair yang masih jelas terlihat namun terlihat sedikit kotor pada beberapa bagian dial, penggunaan dauphine hands menjadikannya terlihat vintage dan berbeda dengan Citizen New Master produksi tahun 1970an.,  dipadukan dengan leather strap terlihat serasi, dijual (Sold-Thanks)

Selasa, 22 November 2011

Seiko LM 5606-7150 - White Dial (Sold)




diameter 36.5mm tanpa crown, lug to lug 41mm

Menggunakan automatic movement Seiko - Suwa Seikosha cal. 5606, 23 jewels bekerja pada frekuensi 6 bps, quick set day-date, hari dalam 2 bahasa Inggris dan Kanji, Jepang, movement ini mempunyai tingkat akurasi grade C atau menengah, kalau  berdasarkan specs. -15 s/d. + 20 detik per hari.
pengaturan tanggal dan hari masih berjalan normal dengan sistem quickset, sering terjadi bahkan sebagian besar untuk tipe mesin ini pengaturan tanggal dan hari sudah tidak berfungsi karena  day-date rocker wheel terbuat dari plastik, seiring dengan umur dan pemakaian, material plastik akan getas sehingga gearnya mudah patah.
5606 movement merupakan basis dari high grade seiko movement diproduksi pertama kali pada tahun 1968, selain fungsi hack system dan manual handwind, 5606 movement mempunyai micro regulator yang hanya ada pada high grade movement Seiko.
Seiko LM ini tampil elegan terlebih karena penggunaan dauphine hands yang menambah kesan klasik, sudah sangat lawas karena produksi Oktober 1971 artinya telah genap berusia 40 tahun, tergolong JDM dan termasuk jajaran menengah vintage dress watch Seiko, casing model one piece untuk membuka mesin harus dari atas (kaca) namun terdapat gores-gores pada caseback ternyata masih saja ada yang berusaha membuka caseback dari bawah,  dial putih terlihat sedikit kotor pada beberapa bagian, dipadukan dengan leather strap terlihat serasi, dijual (Sold-Thanks)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...