Rabu, 29 Juni 2011

Titoni Space Star - Gray Dial (Sold)





Automatic movement menggunakan basis A. Schild (AS) cal. 1896, 25 jewels dan bekerja pada frekuensi 21.600bph, setting hari dengan memutar crown 24 jam sedangkan tanggal dengan memutar crown antara jam 24.00-20.30 bolak balik, power reserve berdasarkan specs 42 jam, dapat diputar manual untuk mengisi instant power reserve
Service Record History
penggunaan istilah waterproof menandakan jam ini diproduksi dibawah akhir tahun 1970
Titoni Space Star ini mempunyai casing kotak dengan index marker berupa balok-balok besar 3 dimensi, dial berwarna abu-abu dengan noda-noda kotor pada beberapa bagian walaupun aslinya tidak begitu menyolok dibandingkan dengan foto di atas, crown polos bukan original, bracelet dan buckle generic bukan original, dimensi 36mm x 40mm, dijual (Sold-Thanks)

Minggu, 26 Juni 2011

Seiko SKX297K1 "S Wave" - red dial (sold)




S Sign pada crown yang merupakan ciri Seiko S-Wave
pada dial tidak tertulis S wave seperti yang sering dijumpai namun tertulis Automatic Water Resist 100m,  selain itu secondary day juga dalam bahasa Spanyol mengindikasikan jam ini diedarkan untuk pasar eropa.
desain awal dikeluarkannya seri S-Wave oleh Seiko pada sekitar tahun 1997 memang ditujukan untuk kaum muda yang energik baik untuk  pria maupun wanita, dibuat dengan  model casing serta bracelet yang futuristik serta pilihan warna warni dial yang mencolok antara lain seperti kuning, hijau, merah, oranye, biru serta warna hitam. 
Bracelet juga dibuat dibuat berkualitas dengan material solid stainless steel namun ada juga model  yang dipasangkan dengan strap kulit ataupun rubber, yang mengherankan dengan kualitas dan desain yang baik,  Seiko menjualnya dengan harga cukup terjangkau mungkin ini sesuai dengan target market untuk kaum muda pada saat itu.

Menggunakan automatic movement 7S26A, 21 jewels dengan frekwensi 21.600 bph, quick set day & date, hari dalam 2 bahasa Inggris dan Spanyol, power reserve berdasarkan  specs. 44 jam. 
Seiko S Wave ini produksi April 1998, mempunyai dial merah dengan index dan hands putih terlihat sangat menarik perhatian bagi siapa saja yang mengenakan jam ini, diameter case 38mm tanpa crown, 42mm dengan crown, lug to lug 44mm, lume menyala terang dalam kegelapan, kondisi New Old Stock (NOS) lengkap dengan box, buku manual, Kartu garansi masih pajang (dicap namun tanggal kosong), dijual (Sold-Thanks)

Jumat, 24 Juni 2011

Champion - 776-silver dial (sold)





 diameter 38mm tanpa crown, lug to lug 41mm, lebar lug 18mm
sticker bening masih menempel pada caseback, penggunaan istilah water proof apabila mematuhi konvensi internasional mengindikasikan tahun pembuatan terakhir pada akhir tahun 1970
Menggunakan automatic movement Ronda cal. 1219 buatan Swiss dengan 21 jewels bekerja pada frekuensi 18.000 bph tergolong low beat, no quick set untuk hari, quick set untuk tanggal diputar berlawanan arah jarum jam, dapat diputar manual untuk mengisi power reserve.
Tidak banyak diketahui tentang merk jam Champion ini, kondisi NOS hanya braceletnya saja yang after market namun terlihat sangat serasi karena  ada unsur glossy pada bracelet serta mempunyai ketebalan dan end link yang cocok dengan casing jam ini, lume pada index marker dan hands masih menyala dalam gelap, dijual (Sold-Thanks)

Citizen 61-9175 - Silver Dial







Service record history 

Menggunakan automatic movement Citizen cal. 6501, 21 jewels dengan frekuensi 21.600bph, quick set date,  atur hari  dengan memutar jarum jam 24.00-20.00 bolak balik, power reserve berdasarkan specs. 42 jam, dapat diputar manual untuk instant power reserve. 

Citizen ini termasuk jajaran vintage watch, produksi bulan April 1975, masih terlihat bersih, dimensi 36mm x 38.5mm terlihat kecil untuk ukuran jam zaman sekarang yang gemar serba oversize, dijual IDR 325.000 


Selasa, 21 Juni 2011

Seiko Quartz Chronograph 7A28-7040 (Sold)



Terdapat 3 subdial sebelah kiri untuk mengukur sampai 30 menit, sebelah kanan untuk mengukur 1/10 detik dimana jarum akan bergerak cepat dan akan berhenti setelah mencapai 10 menit sedangkan subdial bawah menunjukkan detik yang akan berjalan terus baik pada saat  fungsi chrono dimatikan atau dihidupkan. 




Menggunakan movement Seiko quartz 7A28A yang legendaris karena merupakan movement quartz analog Seiko yang pertama di dunia, diperkenalkan pertama kali pada tahun 1983, mempunyai 15 jewels (fully jeweled) dan sama sekali tidak ada parts material dari plastik sehingga mesin ini dapat bertahan baik sampai sekarang, tingkat akurasi antara -20 s/d +20 detik per bulan, menggunakan baterai UCC 394 atau Maxell SR936SW yang dapat bertahan hidup sampai 2 tahun (pada foto digunakan baterai SR920SW).

Seperti umumnya Seiko Quartz terdapat battery life indicator yang akan ditunjukkan dengan gerakan jarum detik yang akan melompat setiap interval 2 detik dari yang seharusnya 1 detik apabila usia baterai akan habis kondisi ini sama sekali tidak mempengaruhi tingkat akurasi jam.
Seiko Quartz Chronograph ini merupakan salah satu Collector's item dari jajaran jam Seiko vintage dan termasuk  Seiko analog chronograph pertama di dunia yang menggunakan mesin quartz, diperkenalkan pertama kali pada tahun 1983, varian dari Seiko ini pula yang digunakan Tentara Inggris, British Royal Air Force (RAF) untuk para pilot dan navigator sekitar tahun 1984 s/d 1990 dengan movement 7A28 sebagai penggerak yang sangat bisa diandalkan, diproduksi sekitar 11.000 pcs.

Fungsi Chronograph sangat lengkap selain fungsi tachymeter dan fungsi seperti umumya chronograph dengan tombol start/stop pada pusher pada jam 2 dan pusher pada jam 4 untuk reset terdapat pusher pada jam 10 yang berguna untuk split second dimana apabila difungsikan  maka pada saat ditekan untuk stop maka jarum detik terlihat berhenti namun pada saat ditekan sekali lagi  jarum tersebut akan melompat beberapa detik tergantung pada  berapa lama jarum detik dihentikan, berguna untuk mengukur lebih dari 1 obyek ukur.

Melihat kondisi jam produksi April 1983 ini terlihat sekali jam ini sering dipakai sehari-hari atau merupakan jam harian terutama  kondisi insert bezel sudah banyak baret-baret sedangkan kondisi casing, kaca dan bracelet terlihat baret-baret bekas pemakaian normal, terlihat tangguh, dial masih baik sedangan hands dan index marker telah aging pada lume, reset default namun agak + 0.5 detik, all original, dijual (Sold-Thanks)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...